Kamis, 07 Juni 2018

Review Jurnal

Judul
Examining the Computer Attitudes and Internet Attitudes of Substitute Teachers : Self-Confidence toward ICT
Jurnal
International Journal of Psycho Educational Sciences
Volume & Halaman
Volume 05
Tahun
September 2016

Penulis
Seyithan Demirdag
Reviewer
Nurita Nada Novalia (15516585)

Tanggal Review
30 Mei 2018

Tujuan Penelitan
Diindikasikan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara sikap komputer dan sikap internet guru pengganti dan kepercayaan diri mereka terhadap ICT.

Subjek Penelitian
Para peserta penelitian termasuk 348 guru pengganti yang belajar untuk menerima sertifikat pengajaran mereka di tempat-tempat prosedensi pedagogis di Universitas di Zoneguldag, Turki.



Abstrak
Orang telah menyaksikan banyak perkembangan dan inovasi yang berkaitan dengan teknologi baru di berbagai bidang dan mengamati perubahan yang telah mempengaruhi rutinitas kehidupan mereka. Perubahan cepat dalam teknologi baru memungkinkan beberapa individu untuk mengembangkan sikap positif terhadap alat-alat tersebut untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Di sisi lain, beradaptasi dengan perubahan cepat dalam TIK telah menjadi isu yang menantang bagi beberapa individu lain karena mereka mulai mengamati kekurangan dalam kepercayaan diri mereka terhadap ICT (Adıgüzel, 2010).

Metode Penelitian
Studi kuantitatif ini termasuk desain korelasional untuk menguji hubungan antara sikap komputer dan sikap internet guru pengganti dan kepercayaan diri mereka terhadap ICT. Para peserta dipilih melalui metode convenience sampling. Metodologi penelitian ini termasuk metode survei, yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena di masa lalu dan sekarang. Validitas dan reliabilitas penelitian dipastikan menggunakan pendekatan pengecekan anggota.

Langkah-langkah
Penelitian dilakukan di universitas, yang termasuk guru pengganti yang belajar untuk menerima sertifikat pengajaran mereka di kelas kemahiran pedagogis. Penelitian dilakukan selama 2014-2015 tahun sekolah di Zonguldak, Turki. Ini menggunakan model survei dan pendekatan sampel acak.

Hasil Penelitian
Tabel 2. Ringkasan rentang, sarana, dan standar deviasi pada variabel.
Tabel 3. Sampel independen hasil t-test pada variabel antar jenis kelamin.
Tabel 4. Hasil uji Anova pada variabel antar departemen.
Tabel 5. Hasil matriks korelasi antar variabel dalam penelitian.
Tabel 6. Hasil analisis regresi pada variabel penelitian.

Hubungan antara sikap komputer, sikap internet, dan kepercayaan diri terhadap ICT guru pengganti dianalisis menggunakan korelasi Pearson (lihat Tabel 5). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara sikap komputer dan sikap internet guru pengganti (r = .14; p <.01). Temuan juga menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara sikap guru pengganti guru dan kepercayaan diri mereka terhadap ICT (r = .26; p <.01). Terakhir, hasil menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan bermakna antara sikap internet guru pengganti dan kepercayaan diri mereka terhadap ICT (r = .32; p <.01).
Kesimpulan
·      Persepsi guru pengganti pada ketiga faktor ini diamati pada tingkat yang memadai yang berarti bahwa sikap mereka dianggap positif.
·      Hubungan antara sikap komputer, sikap internet, dan tingkat kepercayaan diri dari guru pengganti terhadap ICT diperiksa dan temuan menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna dan positif antara sikap komputer dan sikap internet guru pengganti.
·      Di bagian terakhir dari penelitian, apakah tingkat kepercayaan diri terhadap TIK menjelaskan sikap komputer dan sikap internet guru pengganti yang diperiksa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri guru pengganti terhadap ICT memiliki dampak positif pada sikap komputer dan sikap internet mereka.



Sumber: http://arees.org/journal/wp-content/uploads/2016/10/9ExaminingtheComputerAttitudesandInternetAttitudesofSubstituteTeachers.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar