MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR
a.
Definisi Matematika
secara umum
Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká)
adalah studi besaran, struktur, ruang,
dan perubahan. Para matematikawan mencari
berbagai pola, merumuskan konjektur baru,
dan membangun kebenaran melalui metode
deduksi yang ketat diturunkan
dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang
bersesuaian.
Melalui
penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika
berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian
sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika
praktis mewujud dalam kegiatan manusia sejak adanya rekaman
tertulis.
Argumentasi matematika yang ketat pertama muncul di dalam Matematika
Yunani,
terutama di dalam karya Euklides, Elemen.
Matematika
selalu berkembang, misalnya di Tiongkok pada tahun 300 SM, di India pada tahun 100 M, dan di Arab
pada tahun 800 M, hingga zaman Renaisans, ketika temuan
baru matematika berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru yang mengarah pada
peningkatan yang cepat di dalam laju penemuan matematika yang berlanjut hingga
kini.
Kini, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat
penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik, kedokteran/medis, dan ilmu sosial seperti ekonomi, dan psikologi. Matematika
terapan, cabang matematika yang melingkupi penerapan
pengetahuan matematika ke bidang-bidang lain, mengilhami dan membuat penggunaan
temuan-temuan matematika baru, dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan
disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti statistika dan teori permainan.
b. Definisi Matematika menurut Para Ahli
James dan James
Matematika
merupakan suatu ilmu mengenai logika tentang bentuk, besaran, susunan, serta
berbagai konsep yang memiliki
hubungan satu sama lain dan dengan jumlah banyak yang terbagi ke 3 bidang,
antara lain : aljabar, geometri, dan analisis.
Johnson dan Rising
Matematika
ialah pola berpikir, pembuktian yang logik, pola mengorganisasikan, matematika
adalah suatu bahasa dengan menggunakan istilah yang dapat didefinisikan secara
akurat, cermat, dan jelas, representasinya dengan simbol serta padat, lebih berupa sebuah bahasa simbol
tentang ide dibandingkan tentang bunyi.
c. Pengertian dan Tujuan Mempelajari Ilmu
Alamiah Dasar
1. Pengertian
Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu
Pengetahuan Alam (natural science) atau ilmu kealaman dasar yang
mengkaji tentang gejala–gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep
dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep–konsep dan
prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial, contohnya seperti Biologi,
Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu
Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat berubah sesuai kemajuan
peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “Ilmu
Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam
bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi” yang pembahasannya mencakup
pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya,
serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.
2. Tujuan
mempelajari Ilmu Alamiah Dasar bagi mahasiswa
IAD bukan suatu
disiplin ilmu, melainkan suatu pengetahuan tentang konsep–konsep dasar yang ada
dalam IPA. IAD ditujukan untuk membantu
mahasiswa memiliki pandangan lebih luas dalam bidang IPA, serta mendekati
persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih komprehensif. Perkuliahan
IAD dimaksudkan untuk mengembangkan dan memperluas wawasan pengetahuan serta
membantu mengembangkan kemampuan personalnya. Setiap mahasiswa yang telah
mengikuti IAD diharapkan cukup peka, tanggap dan penuh rasa tanggung jawab
terhadap berbagai masalah perkembangan IPA dan Teknologi disamping masalah
sosial dan budaya serta lingkungan hidup.
Tujuan dari ilmu alamiah dasar itu sendiri adalah
memberikan konsep dan gambaran mengenai ilmu pengetahuan alam kepada
manusia supaya mereka mengenal dan lebih mengetahui tentang alam semesta
ini. Mata kuliah IAD bertujuanmemberikan pandangan mengenai
perkembangan IPA dan Teknologi yang merupakan faktor penting dalam kehidupan
manusia dan sumber daya alam serta lingkungan hidupnya.
Ilmu
Alamiah Dasar jika dipenggal berasal dari tiga suku kata. Ilmu artinya bagian
dari ilmu pengetahuan manusia. Alamiah artinya terjadi dengan sendirinya dan
dasar artinya permulaan suatu bentuk. Istilah ini berasal dari Eropa Daratan
(Belanda,Jerman, Inggris, dan Amerika). Yang mana istilah ini masuk ke Indonesia
pada zaman yang berbeda-beda. Ilmu alamiah dapat dilihat dalam arti luas dan
dalam arti sempit.
Dalam arti luas ilmu mencakup semua pengetahuan Ilmu Alamiah
Dasar adalah merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar
dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia. Ilmu alamiah
atau biasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan
pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk
dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar
hanya mengkaji konsep-konsep dan prisip-prinsip dasar yang esensial saja.
d.
Hubungan Psikologi dengan
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Hubungan antara matematika dan psikologi tentunya sudah pasti
sangat erat, terutama di zaman modern ini. Karena itulah evolusi matematika
dapat dipandang sebagai sederetan abtraksi yang selalu bertambah banyak, atau
perkataan lainnya perluasan pokok masalah. Menghitung hasil dari Test IQ juga
bisa menggunakan teori statistika untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pola
fikir dengan cara menghitung distribusi frekuensi kelompok dengan ukuran
tendensi sentral dan letak nilai dan yang patut kita tahu bahwa matematika
membentuk pola berpikir kritis, kreatif, inovatis, dan mandiri serta mampu
menyelesaikan masalah secara tepat dan dapat ditanggung jawabkan.
Hubungan Psikologi dengan Ilmu Alamiah Dasar yang sangat erat. Contohnya
Antropologi dengan Psikologi dalam ilmu ini kita mempelajari perilaku manusia
dari peradaban yang berbeda-beda dari suku-suku yang banyak di Indonesia. Lalu
Psikologi dengan Sosiologi membahas tentang masyarakat luas dan
interaksinya dalam masyarakat luas.
CONTOH
KASUS DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Salah satu
contoh dari psikometri adalah Intelligence Quotient (IQ) tes, tes standar yang
mengukur kecerdasan relatif seseorang. Salah Satu contoh Dari psikometri adalah
Intelligence Quotient (IQ) tes, tes standar mengukur kecerdasan yang relatif
seseorang. Sebuah nilai IQ adalah pengukuran relatif, dibandingkan dengan
referensi IQ 100 untuk nilai rata-rata. Skor IQ untuk populasi besar merupakan
contoh dari fungsi statistik yang disebut distribusi normal. Kurva normal atau
kurva Gauss adalah kurva lonceng berbentuk akrab di mana pengukuran yang
digambarkan sepanjang sumbu x dan frekuensi digambarkan sepanjang sumbu-y.
Sebagian besar nilai IQ jatuh di bagian luas kurva dekat nilai rata-rata 100.
Sebagai skor menyimpang negatif atau positif dari 100, metodologi Q adalah
jenis analisis yang digunakan dalam psikologi untuk mengukur dan
mengkuantifikasi perasaan sekelompok orang mengenai topik tertentu.
Sebagai contoh,
sebuah kelompok besar mahasiswa bisa diminta dengan pertanyaan berikut:
"Bagaimana perasaan Anda tentang sekolah Anda?" Sebagai contoh,
sebuah Kelompok Besar Mahasiswa Bisa diminta Artikel Baru Pertanyaan berikut:
"Bagaimana perasaan Andari Tentang Sekolah Andari" Berbagai macam
jawaban akan dikumpulkan mulai dari "Aku benci" untuk "Aku
cinta" dengan banyak pendapat di antara menunjukkan sifat baik dan buruk
dari sekolah. Berbagai macam Jawaban akan dikumpulkan Mulai Dari "Aku
benci" untuk "Aku cinta" artikel baru di antara banyak pendapat
menunjukkan sifat baik dan buruk dari sekolah. Dari itu, dalam jumlah terbatas
pendapat (sampel Q) akan dipilih yang mewakili spektrum respon. Selama
wawancara berikutnya, para siswa akan membaca sampel Q dan peringkat tingkat
kesepakatan dengan masing-masing pendapat menggunakan skala -4 ke +4, dimana -4
menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat dan +4 menunjukkan perjanjian yang kuat
dengan pendapat itu. Proses ini disebut Q sorting. Data numerik Yang dihasilkan
dapat dianalisis Artikel Baru menggunakan fungsi statistik untuk memberikan
pendapat Gambaran Matematika Siswa Sekolah Tentang mereka.
Nurita Nada Novalia
15516585 (1PA01)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar